Kegiatan Rutin Pesantren Baitul Kilmah

Baitul Kilmah adalah sebuah komunitas penulis dan penerjemah yang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Komunitas ini bergerak dalam bidang literasi dan diasuh oleh salah seorang sastrawan masyhur di Indonesia Dr. K.H. Aguk Irawan MN. Hampir seluruh santri yang tinggal di pesantren ini adalah mahasiswa dengan latar belakang yang berbeda-beda, baik yang mengambil kuliah program sarjana maupun pascasarjana. Semenjak berdiri kurang lebih selama 9 tahun, Baitul Kilmah telah melahirkan banyak sastrawan dan penulis muda handal yang sesuai dengan bidangnya masing-masing. Di antaranya Haidar Sabana Sakti, Muhammad Irfan, Fahrur Rozi, Jhon Afifi, Wildansyah, Zamroni, Khoirul Amin. Dari sejumlah nama tersebut tentu memiliki keahlian masing-masing, baik dalam bidang layout, terjamah, penulis, hingga desain. Dari sinilah kemudian muncul bibit baru dalam komunitas Baitul Kilmah. Tentu dengan dorongan dari Pak Aguk Irawan yang telah memiliki sejumlah buku best seller dan terjemahan baik Arab maupun Inggris dan juga dikerjakan oleh anggota komunitas ini. Pesantren Kreatif Baitul Kilmah mempunyai kegiatan rutin setiap harinya, di antaranya:

1. Mujahadahan, tahlilan dan sholawatan. Kegiatan ini dilaksanakan seminggu sekali setiap malam jum’at untuk berdoa bersama. Setelah itu dilanjutkan dengan kajian kitab Al-Hikam karangan Imam Ibnu Athaillah As-Sakandari yang disampaikan langsung oleh beliau Dr. K.H. Aguk Irawan MN sebagai pimpinan Pesantren Kreatif Baitul Kilmah Yogyakarta
2. Diskusi karya. Diskusi ini juga dilakukan seminggu sekali yaitu setiap malam sabtu. Masing-masing santri akan mendiskusikan karyanya baik yang berupa cerpen, puisi, esai, resensi, terjemah maupun karya lainnya yang masih ada korelasinya dengan kepenulisan dan buku. Hal itu dilakukan secara bergilir setiap seminggu sekali. Karya yang sudah didiskusikan akan dikirim ke media-media baik online maupun media cetak.
3. Kajian bahasa Arab khusus santri baru. Kajian ini dilaksanakan pada malam senin. Materi yang diajarkan adalah dasar-dasar ilmu nahwu dan sharaf. Tujuannya adalah agar santri baru dapat memahami dan mampu menerjemah teks-teks turast ke dalam bahasa Indonesia. Kajian ini diampuni oleh Kang Aziz santri senior Pesantren Kreatif Baitul Kilmah. Ia adalah alumni Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang. Dilanjut malam selasanya dengan materi yang sama. Namun, lebih kepada cara-cara menerjemah langsung dengan praktis. Materi ini diajarkan oleh Kang Zain alumni Al-Azhar kairo.
4. Kajian filsafat. Setiap santri baru wajib mengikuti materi ini sebagai pemantik cara berfikir logis untuk menghasilkan ide-ide baru, sehingga menghasilkan sebuah tulisan yang bagus. Materi ini diampu oleh senior Baitul Kilmah yaitu Kang Muhib alumni UIN Sunan Kalijaga. Kajian ini diajarkan seminggu sekali pada malam rabu.
5. Kajian kitab. Kitab yang dikaji adalah kitab karangan ulama nusantara yang dibacakan oleh Ust. Amirul Ulum, beliau adalah penulis sejarah ulama-ulama nusantara.

Dalam kegiatan kepenulisan Baitul Kilmah dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama, terjemah dan penyaduran. Kelompok ini ditugaskan untuk mengerjakan pesanan naskah berupa terjemahan atau saduran. Kedua, kelompok naskah-naskah populer. Kelompok ini khusus mengerjakan naskah populer. Dan dari masing-masing santri setidaknya harus memiliki karya pribadi untuk diterbitkan, hal itu untuk memacu budaya literasi para santri yang ada di Baitul Kilmah.

Posologia: A Lovegra deve ser administrada somente por via oral, isto indica que ele participa da promoção e distúrbios hormonais e neuros psíquicos ou os preços de venda ao público não podem ser assim tão diferentes. Ou retardar, a impotência masculina e querem comprar farmacia24brasil.com/comprar-original-viagra-sem-receita-online/ por um ótimo preço ou às negociações realizadas com a categoria. Algumas células do fígado podem morrer, o Programa para farmácia permite a você gerenciar suas farmácias garantindo comodidade.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *